Tips Untuk Pemula

Baru di Free Fire dan tidak tahu apa yang harus dilakukan? Baca tips kami untuk pemula disini!

Di dalam Pesawat : Apa yang harus dilakukan?

Buka map kamu dan carilah posisi dari pesawat. Karena pesawat selalu bergerak lurus, kamu dapat menentukan lintasan pesawat dengan mudah.

Bergantung pada arah lintasan pesawat, hal itu akan mempengaruhi jumlah pemain yang tersebar di map. Lebih dari 60% pemain memilih untuk menggunakan parasut sebelum pesawat mencapai bagian tengah map.

Ketuk di map untuk menaruh penanda pada lokasi pilihanmu, hal itu akan membantumu ketika mencari arah pada saat kamu menggunakan parasut.

 

Tidak direkomendasikan untuk pemain pemula

Jika kamu adalah seorang pemain yang agresif atau ingin belajar menembak, kamu dapat memilih untuk membuka parasut dengan cepat ketika pilihan tersebut muncul.

 

Sangat direkomendasikan unutk pemain pemula

Jika kamu ingin bertahan hidup lebih lama dan memiliki kesempatan lebih baik pada saat mencari loot, tunggu pada bagian akhir dari lintasan pesawat untuk membuka parasutmu!

Terjun dengan Parasut : Apa yang harus dilakukan?

Gunakan joystick untuk bergerak ke arah lokasi yang kamu inginkan. Ketika sudah menyesuaikan arahmu, pastikan kamu menggerakan joystick "ke atas" agar karaktermu terjun dengan lurus.

*Gunakan penanda dan cek minimap untuk tahu apakah karaktermu bergerak di arah yang tepat.

Ketika kamu sedang menggunakan parasut dan kamu mendapati musuh juga telah mendarat di lokasimu lebih cepat, ubah arah parasutmu dan mendaratlah di tempat lain! Sangat beresiko untuk mendarat di lokasi yang sama jika musuhmu sudah mendapatkan senjata terlebih dahulu. Mendaratlah di tempat lain dan kabur ke lokasi yang lebih aman untuk mencari loot.

Ketika sudah Mendarat: Apa yang harus dilakukan?

Ambil Senjata secepat mungkin!
Senjata apapun lebih baik daripada tidak sama sekali.
Ketika kamu sudah memiliki senjata untuk mempertahankan diri, kamu dapat menentukan senjata apa yang kamu ingin gunakan dan senjata apa yang ingin kamu gantikan.

Assault Rifle sangat direkomendasikan karena AR dapat kamu gunakan untuk melawan musuh dari jarak jauh. Hal ini memberikanmu kelebihan dari pemain yang memegang SMG atau Shotgun.

Kebanyakan SMG kurang efektif digunakan pada jarak jauh.

Tetapi, jika kamu berada di pertempuran jarak dekat (di dalam bangunan) , Shotgun adalah senjata terbaik untuk digunakan. Shotgun dapat membunuh lebih cepat dair SMG, terkadang hanya dengan 1 atau 2 tembakan.

Jika kamu gagal untuk mengambil senjata dan melihat musuh disekitarmu, kaburlah terlebih dahulu!

 

Amati Sekitarmu


Setelah kamu mendapatkan senjata, amatilah sekitarmu dan carilah musuhmu. Berlari - lari dapat menjadi hal yang berbahaya dan beresiko untuk mengekspos lokasimu kepada musuh yang berada didekatmu.

 

Bergerak Diam - Diam: Bergerak dengan merunduk!


Ketika kamu ragu dengan sekitarmu, selalu merunduk dan bergerak. Ini membuatmu dapat bergerak dengan diam-diam dan tidak mengungkapkan posisimu ke musuh yang ada di sekitar.

Dengan merunduk kamu juga dapat kabur atau bergerak mendekati musuh untuk menyergap mereka.

 

Ambil Tas!

Mempunyai sebuah tas membuatmu dapat mengambil banyak perlengkapan yang kamu butuhkan di dalam pertempuranmu. (contoh. amunisi, med kit, dan attachment)

Selalu cari sebuah tas secepat mungkin!

Zona Aman Pertama Muncul: Apa yang harus dilakukan?

Cek posisimu dari zona aman

gcube-free-fire-map-first-safe-zone

Jika kamu berada di dalam Zona Aman - itu bagus! Kamu tidak perlu khawatir tentang hal itu untuk sekarang dan dapat memfokuskan diri untuk mencari loot.

Jika kamu berada jauh dari Zona Aman, kamu memiliki waktu 1:45 menit sebelum zona mulai mengecil. (dan beberapa menit tambahan sebelum zona berbahaya mencapai lokasimu)

Hal ini membuatmu dapat mencari loot di beberapa bangunan pada areamu sebelom pergi ke Zona Aman terdekat.

Carilah Kendaraan

Selalu cari kendaraan di sekitarmu. Kendaraan adalah opsi terbaik untuk melarikan diri jika kamu lupa dengan waktu Zona Aman dan kamu terperangkap di Zona Berbahaya.

Di dalam Kendaraan: Apa yang harus dilakukan?

Kontrol Dasar Kendaraan

(i) Setir Kiri
(ii) Setir Kanan
(iiI) Mundur
(iv) Akselerasi

Untuk maju kedepan, ketuk (iv) Akselerasi. Jika kamu maju kedepan dan ingin mengerem, kamu dapat ketuk (iii) Mundur.

Untuk mundur, ketuk (iii) Mundur. Untuk mengerem ketika kamu sedang mundur, ketuk (iv) Akselerasi.

Terperangkap di Zona Berbahaya Tanpa Kendaraan: Apa yang harus dilakukan?

Berlarilah menuju Zona Aman di Arah yang memiliki jarak terpendek menuju Zona Aman

gcube-free-fire-map-first-safe-zone

Walaupun Zona Berbahaya tidak memberikan damage yang banyak di awal permainan, masih lebih baik untuk tidak berada di dalamnya terlalu lama. Di Minimap , ada garis putih yang mengindikasikan jarak terpendek/arah di mana Zona Aman berada. Larilah dan ikuti garis putih itu!

 

Untuk berlari lebih cepat, pastikan kamu berlari hanya dengan tangan kosong atau senjata melee! Kamu akan berlari lebih cepat ketimbang ketika kamu sedang menggunakn sebuah rifle.

Melihat seorang Musuh: Apa yang harus dilakukan?

Menembaki musuhmu tidak selalu menjadi pilihan terbaik!

gcube-free-fire-observe-surroundings

Kamu membutuhkan penilaian yang baik dari situasi tersebut:
- Apakah musuh berada di jarak efektif senjatamu? Dapatkah kamu membunuhnya jika kamu menembak?
- Apakah kamu bersembunyi di balik tempat berlindung?
- Apakah akan sulit bagi musuh lain untuk menemukanmu jika kamu berhasi membunuh target ini?

 


Jika jawabanmu untuk semua yang di atas adalah iya, maka kamu bebas untuk menembak! Bidik ke bagian kepala, habisi musuhmu secepat mungkin.

 

Jika Musuh Berada Di Dekatmu

Jika musuhmu ada terlalu dekat denganmu, mengganti senjata atau berlari sekarang dapat menghasilkan suara yang mungkin mengekspos keberadaanmu. Tetapi mengganti senjat menjadi Shotgun dapat memberikan kesempatan untuk membunuh musuhmu dengan lebih mudah di jarak dekat.

Kami merekomendasikan untuk menggunakan M1014, karena senjata itu memiliki 7 peluru di satu magazine, yang dapat mengkompensasimu jika tembakanmu ada yang meleset.

 

Jika Musuh Berada Di Jarak Sedang

Jika musuhmu berada di jarak yang cukup jauh tetapi masih berada pada jarak efektif, gunakan scope pada Assault Rifle atau SMG untuk menembak!

Kami rekomendasikan untuk menggunakan SCAR atau SMG Silenced (VSS)

SCAR mempunyai fire rate dan stability yang sangat bagus, sangat serba guna untuk digunakan pada berbagai situasi.
VSS memiliki sebuah silencer yang sudah terpasang dan sangat efektif pada target yan berada di jarak sedang. Musuhmu tidak akan dengan mudah menemukanmu karena silencer tidak mengekspos lokasimu.

 

Jika Musuh Berada Sangat Jauh

Jika musuhmu berada sangat jauh dan sedang berlari, jangan tembak. Hal itu hanya akan menghabiskan peluru dan mengekspos lokasimu.

Tetapi, jika musuhmu tidak begerak dan kamu mempunyai pandangan yang jelas dengan sniper rifle-mu, kamu dapat mempertimbangkan untuk menembak! Pastikan kamu menembak tepat di kepala dan membunuh mereka dengan sekali tembak.

Kar98K dapat membunuh sekali tembak jika tembakanmu mengenai kepala di beberapa situasi dan dilengkapi dengan scope 8x yang sudah terpasang.

Musuh Menembaki Saya : Apa yang harus dilakukan?

Jika kamu di tempat terbuka, larilah ke perlindungan terdekat!

Di Free Fire, ketika kamu ditembaki oleh musuh, sebuah indikator akan muncul di layarmu dan menunjukan arah dari mana tembakan tersebut berasal.

Dengan menggunakan pengetahuan tersebut, lompat sambil berlarilah dari arah tembakan tersebut. Hal itu dapat membuat musuhmu lebih sulit untuk mendapatkan bidikan yang tepat ke arahmu. Pergilah ke tempat berlindung terdekat dan berikan penilaian terhadap situasi itu atau lanjut berlari sejauh mungkin.

Tip #1: Kamu dapat berlari dengan lebih cepat jika kamu menggunakan tangan kosong atau senjata melee

Tip #2: Jangan lari ke atas bukit ketika musuh sedang membidikmu. Hal itu akan memperlambat kecepatanmu, dan membuatmu menjadi target yang mudah untuk ditembaki.

 

Jika kamu berada di dalam bangunan bersama musuh....

Berlindunglah di belakang tembok dan ganti senjatamu menjadi Shotgun atau SMG (jika kamu memilikinya)

Tunggu musuhmu bergerak duluan atau perlahan kabur melalu jendela agar kamu dapat melarikan diri. (Ingat untuk berjalan dengan merunduk)